Pelantikan Pengurus MES Solo 2012 - 2015

Dekan Fakultas Ekonomi UNS, Wisnu Untoro resmi menggantikan Prof Dr Bambang Setiaji sebagai Ketua Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Solo periode 2012-2015.

Bambang Setiaji sekarang menjadi Ketua Dewan Pakar MES. Dalam menjalankan tugasnya, Wisnu akan dibantu beberapa orang wakil ketua yaitu Karsono dari Asbisindo Soloraya, Adib Aji Putra, Asep Lesmana dari Bank Indonesia Solo, Dr Mu’inudinnilah Basri MA dan Drs M Agung Prabowo MSi, PhD. Pelantikan pengurus MES yang terdiri 40 orang dari berbagai kalangan dilakukan di Ndalem Wuryoningratan, Rabu (18/7/2012). 

Read more: Pelantikan Pengurus MES Solo 2012 - 2015

Mudzakarah Ulama se-Solo Raya Menjadikan Ekonomi Syariah Pilihan Ummat

Asbisindo Solo Raya bersama MUI Jawa Tengah dan MES Surakarta telah berhasil menyelenggarakan “Muzakarah Ulama se Solo Raya, menjadikan  Bank Syariah pilihan Ummat”, sebuah program penegakkan syariah muamalah di kota Surakarta. Program ini terlaksana sebagai wujud upaya mendorong perkembangan perbankan syariah khususnya di wilayah Eks Karesidenan Surakarta.

Read more: Mudzakarah Ulama se-Solo Raya Menjadikan Ekonomi Syariah Pilihan Ummat

Penjelasan Umum - Lomba Karya Tulis Ekonomi Islam MES Surakarta

 

Penjelasan Umum

  1. Definisi

Lomba Karya Tulis Ekonomi Islam (LKTEI) merupakan tulisan berisi ide atau gagasan kreatif yang juga merupakan salah satu event kompetisi ilmiah yang diadakan MES Surakarta. Karya berdasarkan data yang dianalisa secara runtut, tajam, dan diakhiri dengan kesimpulan yang relevan. Hasil karya ini diharapkan memiliki pemikiran kedepan untuk memecahkan masalah yang ada sekarang.

  1. Persyaratan Peserta
    1. Lomba ini terbuka bagi seluruh mahasiswa dan umum.
    2. Peserta LKTEI bersifat individu/tim yang terdiri atas 3 orang.
    3. Dapat berasal dari disiplin ilmu yang berbeda.
    4. Karya tulis yang dilombakan adalah karya orisinil, tidak mengandung unsur plagiat, bukan merupakan hasil penelitian ataupun skripsi, dan belum pernah dipublikasikan dalam bentuk dan judul apapun.

Tema LKTEI

  1. Akselerasi Ekonomi Islam dalam Sektor Riil.

Sub Tema

  1. Peranan dan Integrasi Lembaga Keuangan Syariah (LKS) dalam mengembangkan dan mendukung sektor riil
  2. Instrumen regulasi, Undang-Undang, dan kebijakan pemerintah dalam mendukung sektor riil
  3. Peran aktif pemerintah daerah dalam kebijakan (Ekonomi Islam) dalam mendukung sektor riil

Tata Tulis LKTEI

  1. Sistematika penulisan
    1. Bagian awal
      1. Halaman judul identik dengan huruf besar dan sesuai dengan isi penulisan, dicantumkan nama penulis dan/atau Nomor Induk Mahasiswa (NIM) serta asal perguruan tinggi dan/atau instansi (umum) di tulis secara jelas.
      2. Lembar pengesahan yang memuat judul, nama penulis, dan nomor induk serta harus ditandatangani oleh dosen pembimbing dan pimpinan lembaga (dekan/rektor masing-masing universitas) lengkap dengan stempel perguruan tinggi. (untuk umum tidak perlu disertakan)
      3. Kata Pengantar dari penulis.
      4. Daftar isi dan daftar lainnya yang diperlukan seperti daftar gambar, daftar tabel, dan daftar lampiran.
      5. Abstrak ditulis dalam Bahasa Inggris maksimal 300 kata (300 words). Spasi 1. Keywords (kata kunci) maksimal 4 kata dicetak miring.
  2. Bagian inti
    1. Pendahuluan
    2. Telaah Pustaka/Tinjauan Pustaka
    3. Metodologi Penulisan
    4. Bagian isi atau pembahasan
    5. Bagian penutup atau kesimpulan
  3. Bagian akhir
    1. Daftar pustaka
    2. Lampiran-lampiran jika diperlukan
    3. Daftar riwayat hidup peserta minimal mencakup nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, alamat tempat tinggal, nomor telepon, riwayat pendidikan, lengkap dengan pas foto warna terbaru ukuran 3x4 di pojok kanan atas halaman.
    4. Persyaratan penulisan
      1. Judul bebas sepanjang mengacu pada tema yang sudah ditentukan.
      2. Ditulis dalam kertas ukuran A4, 1.5 spasi, font 12 Times New Roman dengan margin atas, kiri 4 cm dan bawah kanan 3 cm, minimal 20 halaman (tidak termasuk tabel atau grafik dan daftar pustaka), maksimal 30 halaman.
      3. Naskah asli bukan terjemahan dan penelitian, merupakan hasil pemikiran dan gagasan kreatif penulis sendiri yang belum pernah dipublikasikan di media manapun.
      4. Paper harus disertai dengan biodata penulis dalam bentuk CV (Curriculum Vitae) lengkap dengan alamat, telepon, e-mail yang dapat dihubungi.

 

Tata Tertib Peserta Finalis LKTEI

  1. Peserta finalis LKTEI menggunakan pakaian rapi dan sepatu.
  2. Dari semua LKTEI akan di pilih sebanyak 6 paper terbaik dan akan diumumkan lewat telepon atau e-mail.
  3. Peserta akan tampil dan mempresentasikan karya tulisnya guna menentukan juara 1, 2, dan 3.
  4. Tiap peserta finalis memperoleh waktu 25 menit dengan alokasi:
    1. Presentasi paper maksimum 10 menit.
    2. Tanya jawab dengan audience maksimum 15 menit.
    3. Keputusan dewan juri bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.
    4. Untuk seluruh paper yang masuk sepenuhnya akan menjadi hak millik Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Surakarta

 Pengumuman Finalis Paper Terbaik

  1. Pengumuman 6 finalis paper disampaikan oleh panitia sebelum acara LKTEI melalui telepon atau e-mail.
  2. Penyerahan hadiah kepada pemenang LKTEI akan dilakukan pada saat penutupan acara Seminar dan LKTEI.
  3. Hadiah untuk para pemenang adalah sebagai berikut:
    1. a.      Juara 1 : Piagam Penghargaan + Uang Tunai sebesar Rp 3.000.000,00
    2. b.      Juara 2 : Piagam Penghargaan + Uang Tunai sebesar Rp 2.000.000,00
    3. c.       Juara 3 : Piagam Penghargaan + Uang Tunai sebesar Rp 1.000.000,00

 Jadwal Kegiatan LKTEI

  1. Penyerahan/pengiriman hardcopy dan softcopy karya tulis peserta kepada panitia paling lambat diterima pada hari Sabtu, 31 Maret 2012.
  2. Pengumuman juara paper yang berjumlah 6 tim akan disampaikan oleh panitia pada hari Sabtu, 7 April 2012 melalui telepon atau e-mail .
  3. Presentasi Final Paper 6 tim terpilih akan dilaksanakan pada hari Jum’at, 13 April 2012 yang akan dilaksanakan di STIE Swastamandiri
  4. Penyerahan hadiah akan dilaksanakan pada hari Sabtu, 14 April 2012 bertepatan dengan pelantikan MES Surakarta.

Tata Cara Pengiriman Karya Tulis

  1. Terdapat perbedaan dalam penjilidan karya tulis untuk peserta untuk memudahkan dalam pengelompokan kategori dimana,

a)      Kalangan Mahasiswa : dijilid menggunakan kertas buffalo warna hijau dan dilapisi mika warna putih (bening)

b)      Kalangan Umum : dijilid menggunakan kertas buffalo warna kuning dan dilapisi mika warna putih (bening)

  1. Peserta mengirimkan makalah karya tulis dalam bentuk hardcopy rangkap 3 (tiga) cap pos dan softcopy dalam bentuk CD serta menyertakan fotokopi kartu mahasiswa atau kartu identitas diri.
  2. Contact person panitia LKTEI: 0857 2526 8808 (Arif Darmawan)
  1. Soft copy karya tulis juga dikirimkan melalui email ke This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. cc: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it., Karya tulis diterima oleh panitia sejak tanggal 2 Maret 2012 dan paling lambat tanggal 31 Maret 2012. (harap mengkonfirmasi via sms ke cp karya tulis ketika sudah mengirimkan naskah LKTEI)
  2. Hard copy dikirimkan ke alamat : STIE Swastamadiri Jln. Tejonoto No. 1 Jogosuran Danukusuman Gading Kidul, Solo 57156. Telp/Fax (0271) 6452351 http://mes-solo.org

Pendaftaran Anggota Baru MES Surakarta

Bagi para penggiat Ekonomi Islam di seputaran ex-Karisidenan Surakarta (Boyolali, Sukoharjo, Sragen, Klaten, Wonogiri, Sragen, Karanganyar) Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Surakarta membuka pendaftaran anggota baru. Dengan persyaratan :

1. mengisi form yang dapat di-download di sini

2. melengkapi data adminidtrasi dengan foto terbaru berwarna 3 x 4 (2 eks)

3. menyerahkan fotocopy ktp

Form pendaftaran dapat di download di sini. hardcopy dapat diserahkan ke sekretariat MES Surakarta (Jalan. Tejonoto I Jogosuran Gading Kidul Surakarta) atau mengirimkan softcopy ke This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. 

best regard,

MES Surakarta

 

Lomba Karya Tulis Ilmiah Al-Es’af Special Program - STIE Swastamandiri 2012

Mengembangkan kesadaran masyarakat untuk berekonomi secara Islami


Surakarta, 3 Maret 2012 – Di era globalisasi ini, para pelajar sebagai generasi muda bangsa, dituntut untuk berkarya sebaik mungkin dalam meningkatkan kualitas. STIE Swastamandiri yang merupakan sekolah tinggi akuntansi di Surakarta memiliki misi  “Mengarahkan Partisipasi Mahasiswa dalam Organisasi di bidang Pemberdayaan Mahasiswa, Informasi dan Komunikasi, Kerohanian, Bakat dan Minat, Sosial Kemasyarakatan serta Pengabdian kepada Masyarakat”. Menulis merupakan salah satu bagian dari misi STIE Swastamandiri dalam bidang Informasi dan Komunikasi. Sosialisasi juga salah satu bentuk menyuarakan pendapat yang paling berperan penting dalam partisipasi seseorang sekaligus sebagai bukti konkrit dalam berpendapat. Hal ini dapat dilihat dari syarat seorang sarjana adalah membuat skripsi, tesis, maupun penelitian yang berbentuk sosialisasi masyarakat. Atas dasar itulah STIE Swasta mandiri menyelenggarakan acara Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional tingkat SMA guna menjawab fenomena tantangan tersebut.

STIE Swastamandiri yang mempunyai program unggulan pesantren Al Es’af mengambil tema dalam lomba karya tulis ini yaitu “mengembangkan kesadaran bermasyarakat untuk berekonomi secara islami.” Adapun topik yang dikupas dalam Lomba Karya Tulis Ilmiah ini antara lain: peluang dan tantangan bank syariah, antara idealisme dan realita; meningkatkan kesadaran untuk menabung di bank syariah; mengembangkan bisnis secara islami; meningkatkan kesadaran masyarakat dalam membayar zakat; dan peran dunia pendidikan dalam mengembangkan ekonomi Islam. Direktur STIE Swastamandiri, Ibrahim Fatwa Wijaya, SE, M.Sc., mengatakan bahwa “kegiatan lomba karya tulis ilmiah ini bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi para pelajar, meningkatkan kualitas serta talenta pelajar, sebagai media untuk mengasah dan mengembangkan kemampuan analytical skill akademisi, dan melakukan kajian-kajian ekonomi Islam saat ini.”

Juara I Lomba Karya Tulis Ilmiah tigkat SMA ini dimenangkan oleh SMA N 3 Boyolali, Elviana Putri Hapsari dan Citra Ayu Permatasari, dengan judul “Peningkatan Kesadaran Masyarakat dalam Membayar Zakat Maal melalui sosialisasi Ibu-Ibu PKK Gonowelang Boyolali”. SMA N I Teras meraih juara ke-II dengan judul “Sistem Ijon Hasil Pertanian (Studi Kasus Petani Dukuh Tegalrejo)” ditulis oleh Diyah Ambarwati, Febriska Herovi K dan Retno Rahayu, dan sekaligus menyandang juara ke-III dengan judul “Peranan Sekolah dalam Memberdayakan Ekonomi Siswa berbasis Syariah serta Mewujudkan Karakter Bangsa” yang ditulis oleh Risma Septiana W, Rizki Wulandari dan Rakai Dimas P.

Salah satu juri Lomba Karya Tulis Ilmiah, Prof. Dr. Bambang Setiaji, MS, selaku Rektor Universitas Muhammadiyah Surakarta, Komisaris Bank Syariah Bukopin dan Pakar Ekonomi Islam, menambahkan bahwa “antusias dan semangat berkarya para pelajar SMA dalam ajang kompetisi ini sangatlah luar biasa, hal ini diharapkan  perekonomian islam akan terus maju dengan adanya generasi-generasi muda yang berbakat, dan kesadaran masyarakat untuk berekonomi secara islami akan terus berkembang.”

 


Friday the 24th. 888Poker. Memasyarakatkan Ekonomi Syariah, Mensyariahkan Ekonomi Masyarakat
Copyright 2012

©